Cara Mengecilkan Perut Cara Dan Manfaat Sholat Tahajud

Cara dan Manfaat Sholat Tahajud - Sholat Sunah Tahajud yaitu Sholat Sunah yang dikerjakan pada waktu malam sedikitnya 2 (dua) Raka’at dan sebanyak – banyaknya tidak terbatas dan masing – masing di 2 Raka’at dibarengi dengan salam. Adapun Waktu Mengerjakan Sholat Tahajud dikerjakan setelah mengerjakan Sholat Isya hingga terbit fajar yang hanya bisa di lakukan di malam hari. Sholat Tahajud ini hanya bisa dilakukan di malam hari selepas Sholat Isya dengan syarat harus tidur dulu atau selepas tidur, walaupun tidur itu hanya sebentar saja.
Jadi apabila anda mengerjakan Sholat Tahajud tanpa tidur terlebih dahulu maka Sholat anda tersebut bukan Sholat Sunah Tahajud melainkan Sholat – Sholat Sunah saja ibarat Sholat Sunah Witir atau sebagainya. Untuk Waktu Sholat Tahajud Sendiri dikerjakan malam hari setelah Sholat Isya hingga masuk waktu Sholat Subuh dan setelah berdiri tidur, sedangkan untuk Waktu Sholat Tahajud yang paling utama bisa dibagi menjadi 3 (tiga) sepanjang malam yang antara lain
Waktu Sepertiga Pertama ialah yang kira – kira dari jam 19.00 malam hingga dengan jam 22.00 malam (Waktu Saat Utama), Waktu Sepertiga Kedua ialah kira – kira dari jam 22.00 malam hingga dengan jam 01.00 pagi (Waktu ini ketika yang lebih utama) dan Waktu Sepertiga Ketiga ialah waktu kira – kira dari jam 01.00 pagi hingga dengan sebelum masuknya waktu subuh (Waktu yang paling sangat utama).

Lafadh niat:
Lafadh niat sholat tahajud yaitu sebagai berikut:

Terjemahan Niat Sholat Tahajud diiatas adalah, ” USHALLI SUNNATAT TAHAJJUDI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA ”’.

Artinya:
“Aku niat shalat sunnah tahajjud dua raka’at sebab Allah ta’ala.”

Setelah anda membaca Niat Sholat Sunah Tahajud anda tinggal membaca Surat Al Fatihah, kemudian Suratan untuk Raka’at pertama dan Raka’at kedua ibarat mengerjakan Sholat biasa yang diawali dengan Niat hingga Salam.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud:
Setelah anda selesai mengerjakan Shalat Tahajud maka dianjurkan anda membaca Doa Sholat Tahajud Dzikir ibarat Istighfar, Shalawat Nabi Muhammad Saw, kemudian Tahmid dan Tasbih sebab ber-Dzikir sangat mempunyai kegunaan untuk mendekatkan diri kepada Alloh SWT sehingga anda semakin dicintai dan disayangi oleh Alloh. Dibawah ini bacaan nya:

Bacaan Doa Shalat Tahajud Istighfar diatas sebaiknya dibacakan sebanyak banyaknya atau minimal 32 kali hingga 100 kali setelah itu dilanjutkan dengan membaca Sholawat Nabi Muhammad Saw. Dibawah ini bacaan nya:

Membaca Doa Sholat Tahajud Dzikir Shalawat Nabi diatas sebaiknya di baca sebanyak banyak nya atau minimal 32 kali, setelah itu anda tinggal di lanjut membaca Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud ibarat dibawah ini beserta dengan terjemahan dan artian lengkap.
Berikut do'anya:


Berikut dalam bahasa latin nya:  “Allaahumma lakal hamdu anta qayyimus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqun, wa qauluka haqqun, wal jannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu ‘alaihi wasallama haqqun wassaa’atu haqqun. allaahumma laka aslamtu, wa bika aamantu, wa ‘alaika tawakkaltu, wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maa qaddamtu, wa maa akh-khartu, wa maa asrartu, wa maa a’lantu, wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqaddimu, wa antal mu’akhkhiru, laa ilaaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah”.

 Artinya :
“Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar),janji-Mu lah yang benar, pertemuan dengan-Mu yaitu benar, perkataan-Mu benar, nirwana itu benar (ada), neraka itu benar (ada), para nabi itu benar, Nabi Muhammad saw itu benar, dan hari simpulan zaman itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah saya berserah diri, hanya kepada-Mu lah saya beriman, hanya kepada-Mu lah saya bertawakkal hanya kepada-Mu lah saya kembali, hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku, dan hanya kepada-Mu lah saya berhukum. Oleh sebab itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan, dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan tunjangan Allah.”


Manfaat Sholat Tahajud

1. Dikabulkan nya Doa-doa
Manfaat sholat tahajud yang pertama yaitu dikabulkan nya doa-doa. Seperti yang kita ketahui, sholat tahajud yaitu sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur terlebih dahulu sebab arti kata tahajud yaitu berdiri pada malam hari. Paling utama, sholat tahajud yang dikerjakan pada sepertiga malam hingga menjelang masuk waktu sholat subuh. 

2. Penghapus Dosa dan Mencegah Berbuat Dosa
Seperti yang disampaikan di atas, sholat tahajud yaitu ibadah yang selalu dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini mendekatkan diri seorang insan kepada pencipta-Nya, Allah SWT. Bisa dibilang sholat tahajud bisa menjadi media penghapus dosa seseorang. Mereka pun pastinya memperkuat keyakinan dan menjauhkan diri dari perbuatan dosa besar maupun kecil. Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa sholat malam yaitu ibadah yang sering dilakukan oleh orang-orang shaleh. Ibadah ini sanggup mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta, jalan menghapuskan dosa serta mencegah muslimin untuk berbuat dosa.

3. Allah Mengangkat Derajat ke Tempat yang Terpuji
Manfaat sholat tahajud yang kedua yaitu Allah SWT akan mengangkat derajat ke daerah yang terpuji.

Keterangan ihwal ini sanggup kita baca dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra' ayat 79:
"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kau sebagai suatu ibadah pelengkap bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kau ke daerah yang terpuji." (QS A1-Isra [17]: 79).

4. Jaminan Masuk Surga
Orang yang melakukan shalat tahajud dengan penuh keikhlasan maka jaminan masuk surga. Telah terperinci diriwayatkan pada sebuah hadits yaitu jaminan masuk nirwana bagi orang yang melakukan shalat tahajud.
Shalat tahjud merupakan shalat yang dilaksanakan pada waktu sepertiga malam ketika orang-orang sedang terlelap tidur, tetapi orang yang hendak melakukan shalat tahjud berdiri serta mengambil air wudhu. Walau kelihatannya gampang tetapi berat dilaksanakan jikalau belum terbiasa maka Allah memperlihatkan jawaban nirwana bagi yang melaksanakannya.

5. Penyelamat Dari Siksa Neraka
Penjelasan ihwal ini sanggup ditemukan dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Aku yaitu seorang anak muda perjaka. Aku tidur di masjid pada Rasulullah Saw, maka saya bermimpi seolah-olah dua malaikat mengambil ku dan membawa ku ke neraka, ternyata ia yaitu bangunan ibarat bangunan sumur. Ia mempunyai dua palang ibarat palang sumur. Di dalamnya terdapat insan yang telah saya kenal. Maka saya mulai mengucapkan, 'Aku berlindung dengan nama Allah dari neraka'. Kemudian seorang malaikat menemui keduanya, maka dia berkata kepadaku, 'Janganlah takut!' (Mimpi ini) saya ceritakan kepada Hafshah, maka Hafshah menceritakannya kepada Rasulullah dan dia bersabda, "Sebaik-baik lelaki yaitu Abdullah, andaikata dia mengerjakan sholat pada waktu malam." Salim berkata, 'setelah itu Abdullah tidak tidur pada malam hari kecuali hanya sebentar." (H.R Bukhari dan Muslim).

6. Memperoleh Cinta dan Ridho Allah
Ketika orang-orang yang lain sedang menikmati tidurnya, tetapi orang mukmin berdiri dan menentukan meninggalkan kenyamanan tidur dan membunuh syahwatnya. Mereka berdiri melakukan shalat tahajud untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dan komitmen Allah positif bahwa orang-orang yang senantiasa mendekat dan meminta kepada-Nya maka akan dikabulkan.
Allah akan cinta dan ridho kepada hambanya yang mau mendekatkan diri. Jika Allah sudah cinta dan ridho kepada kita maka apapun yang kita panjatkan akan terkabul selama masih untuk kebaikan. Dan orang yang beriman tentunya niscaya tidak akan meminta hal-hal selain untuk kebaikan. Allah tidak akan pernah membiarkan hamba yang dicintainya kekurangan dalam hal harta atau pun lainnya. Allah yang akan mencukupkan semua kebutuhan kita.

7. Meringankan Lamanya Berdiri di Hari Kiamat
Sholat tahajud akan meringankan lamanya berdiri di hari simpulan zaman nanti. Hari simpulan zaman merupakan hari simpulan dari kehidupan didunia. Semuanya akan mati dan hancur. Pada hari tersebut tidak ada yang bisa menolong diri kita kecuali tunjangan Alloh serta amal baik yang telah kita perbuat selama kita hidup di dunia. Maka sholat tahajud akan menolong kita meringankan apa yang kita rasakan ketika di hari kiamat.
Keterangan ihwal ini sesuai yang pernah diungkapkan Ibnu Abbas r.a, yang berkata:
"Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari simpulan zaman di ringan kan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir." (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).

8. Mendekatkan Diri Kepada Allah
Manfaat sholat tahajud yang ketiga yaitu sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini dikuatkan lewat keterangan hadis Rasulullah SAW:
"Hendaklah kalian melakukan sholat malam sebab sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta epilog kesalahan dan penghapus dosa." (H.R. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

9. Penyebab Khusnul Khotimah
Mati niscaya akan menjempu setiap makhluk yang bernyawa tak terkecuali kita. Saat kita menjemput ajal maka satu yang menjadi point penting yaitu khusnul khotimah. Khusnul khotimah akan menentukan kita masih dalam keadaan islam dan keyakinan atau tidak ketika nyawa kita dicabut. Saat mati tidak membawa keyakinan maka amal yang telah kita lakukan didunia tidak akan berarti apa-apa maka khusnul khotimah ini sangat didambakan pada semua umat. Melakukan sholat tahajud akan senantiasa mengingatkan diri kita kepada Alloh, sebab ajal akan menjemput kita kapan pun tanpa kita ketahui. Semoga dengan melakukan sholat tahajud maka akan mengantarkan kita menuju khusnul khotimah.

10. Mendapat Keringanan Ketika di Hisab di Akhirat
Ketika di alam abadi nanti tidak ada yang bisa menolong kit kecuali amal yang telah kita lakukan di dunia. Ketika dihisab atau ditimbang amal kita inilah yang akan menentukan kita akan masuk nirwana atau neraka. Ketika timbangan amal kita leboh berat kebaikan yang telah kita perbuat maka kita akan masuk surga, tetapi sebaliknya jikalau timbangan perbuatan dosa kita lebih berat maka kita akan masuk neraka.
Seorang muslim yang secara rutin melakukan shalat tahajud akan mendapat dispensasi ketika dihisab di akhirat. Doa-doa kita yang telah kita panjatkan ketika shalat tahajud maka akan di ampuni sebab berdoa di waktu yang mustajabah yaitu sepertiga malam.

11. Muka Tampak Berkilau dan Bercahaya
Manfaat sholat tahajud yang kesepuluh yaitu menciptakan muka berkilau dan bercahaya. Tentang ini, pernah suatu ketika Hasan Al-Basri ra ditanya oleh seseorang, "Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam mempunyai muka yang bagus?". Hasan Basri menjawab: "Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memperlihatkan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya." (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

12. Mengusir Penyakit dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Manfaat sholat tahajud yang kelima yaitu sanggup mengusir banyak sekali penyakit dan di ketika yang sama meningkatkan kekebalan tubuh. Sedikit yang menyadari bahwa kepatuhan kita mengerjakan ritual keagamaan semisal sholat tahajud akan memperlihatkan dampak pada meningkatnya sistem kekebalan tubuh. Hal ini menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Mohammad Shaleh. Lebih lanjut dia menyampaikan bahwa di ketika yang sama ketika kekebalan badan sudah meningkat, otomatis segala penyakit yang mengalah akan musnah dengan sendirinya.

13. Pikiran Jauh Lebih Segar dan Tenang
Bangun tidur pastinya Anda mempunyai pemikiran yang jauh lebih jernih. Bayangkan saja, dalam 1 hari jantung insan bekerja 100.000 kali dan bernapas sebanyak 20.000 kali. Setiap organ tersebut memerlukan waktu istirahat yang cukup. Nyatanya tidur yaitu istirahat yang sangat baik bagi tubuh. Dengan begini, seluruh organ badan akan beristirahat dari setiap kiprah beratnya. Tidur membantu badan memulihkan sel yang sempat terganggu, menambah kekuatan dan otak pun kembali bekerja dengan baik. Alasan tersebutlah yang menyebabkan shalat tahajud dilaksanakan setelah berdiri dari tidur. Pikiran yang jauh lebih fresh dan segar menciptakan gerakan shalat kita juga khusyu’ memaknai ayat-ayat Al-Qur’an.

14. Menjaga Ketampanan dan Kecantikan
Melaksanakan sholat tahajud akan menjaminkan ketampanan dan kecantikan pada seseorang tidak hanya pada lahir atau fisiknya tetapi pada batin atau hatinya. Setiap orang niscaya akan mendambakan kecantikan atau ketampanan. Tahajud ini akan menyebabkan terapi untuk anda menjadi ganteng atau manis secara lahir ataupun batin.
Seperti yang telah nabi jelaskan dalam sebuah hadist “ bahwa orang yang melakukan sholat tahajud akan wajahnya akan terlihat ganteng atau manis di siang harinya.” (HR Ibnu Majah).

15. Dapat Melancarkan Aliran Darah
Manfaat sholat tahajud yang kesebelas yaitu sanggup melancarkan pedoman darah dalam tubuh. Bangun pada pukul 02.30 untuk melakukan sholat tahajud ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh. Pada waktu tersebut, udara disekitar sangat segar bebas dari polusi. Pada ketika itu juga, badan mempunyai kesempatan untuk menggerak-gerakkan seluruh otot yang menciptakan badan lebih segar dan pedoman darah terasa lebih lancar.

Demikian lah yang sanggup saya sampaikan, mudah-mudahan sanggup bermanfaat untuk Anda. Jika dalam goresan pena ini Anda menemukan isu yang tidak sesuai, mohon tuliskan di kolom komentar, saya berharap adanya saran atau kritik yang sifatnya membangun untuk ini. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel