Cara Menurunkan Berat Tubuh Apa Itu Selulit Dan Bagaimana Cara Mengatasi Selulit Dengan Materi Alami?

Banyak sekali orang yang mengalami selulit, tapi mereka tidak dapat membedakannya dengan stretch mark. Padahal selulit dan stretch mark yaitu 2 kondisi yang berbeda. Penanganannya pun juga berbeda. Nah, daripada kita salah kaprah terus perihal selulit, maka sebaiknya kita menyimak ulasan mengenai apa itu selulit dan bagaimana cara mengatasinya berikut ini.

Apa itu selulit?

Banyak sekali orang yang mengalami selulit cara menurunkan berat tubuh Apa itu Selulit dan Bagaimana Cara Mengatasi Selulit dengan Bahan Alami?
Selulit yaitu “penambahan” kulit yang biasa dideskripsikan menyerupai dengan kulit jeruk. Selulit biasanya muncul di paha, bokong, atau kadang kala muncul di penggalan perut bawah pada perempuan sehat. Mayoritas selulit ini dialami oleh wanita. Bahkan 90-98% kasus selulit dialami oleh perempuan daripada pria.

Lalu, bagaimana tolong-menolong selulit ini dapat terbentuk? Ternyata selulit berasal dari timbunan lemak, air, dan material lain.  Lemak yang tersimpan dalam tubuh biasanya berada di sel-sel bersahabat dengan permukaan kulitt.

Pola lemak yang tersimpan di tubuh ini ternyata juga dipengaruhi oleh hormon seksual. Pada pria, tubuh mereka dapat mendistribusikan atau menyimpan lemak secara lebih teratur.  Tapi, ternyata tubuh wanita, lemak ini tersimpan hanya pada bagian-bagian tertentu tubuh menyerupai paha, perut, atau pantat.

Selulit dalam Dunia Medis

Banyak sekali orang yang mengalami selulit cara menurunkan berat tubuh Apa itu Selulit dan Bagaimana Cara Mengatasi Selulit dengan Bahan Alami?
Untuk lebih menambah pemahanan kita mengenai bagaimana dapat muncul selulit di tubuh, sebaiknya kita memperhatikan juga klarifikasi medis dari selulit ini. Hal pertama yang wajib dipahami yaitu struktur kulit manusia.

Kulit biasanya terdiri dari beberapa lapisan mulai dari yang paling luar disebut lapisan epidermis, lalu lapisan di bawahnya disebut dermis. Pada lapisan dermis ini ada banyak sekali struktur folikel rambut, kelenjar keringat, pembuluh darah, reseptor syaraf, serta jaringan konektif.

Lapisan di bawahnya yaitu 3 lapis jaringan lemak sukbutan. Lapisan teratas jaringan lemak ini bagaikan sebuah ruangan sel lemak yang bangun sendiri dan dipisahkan oleh lorong-lorong jaringan penyambung.

Dari ruang-ruang sel lemak inilah lalu muncul tonjolan-tonjolan kecil sel lemak ke penggalan lapisan dermis kulit. Tonjolan lemak ini akan terlihat berkelompok dan tidak rata, menawarkan kesan bergelombang pada kulit dan kita biasanya menyebutnya sebagai selulit.

Dalam dunia medis ada 2 jenis selulit yaitu :
  1. Jenis pertama yaitu selulit yang muncul bila Anda mencubi atau menekan jaringan kulit pada penggalan paha, bokong, atau perut. Misalnya saja bila Anda melihat bekas citra matras ketika menyilangkan kaki. Selulit jenis ini sangat umum ditemui pada tubuh perempuan dalam banyak sekali kalangan umur.
  2. Selulit jenis kedua yaitu munculnya citra menyerupai matras ataukulit jeruk yang tampak ketika Anda sedang bangun atau berbaring. Selulit jenis kedua inilah yang dalam dunia medis disebut sebagai selulit yang sebenarnya.

Selulit sendiri dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Ketegangan, kelelahan, merokok, kurang olahraga, minuman beralkohol, serta konsumsi obat-obatan tertentu dapat memicu timbulnya selulit pada tubuh Anda. Faktor-faktor di atas dapat menyebabkan kendala dalam pembuangan zat yang tidak terpakai dalam tubuh, sehingga akirnya tersimpan dalam jaringan-jaringan lemak. Jika timbunan ini semakin banyak, maka akan muncul tonjolan-tonjolan di kulit yang merupakan selulit.

Fakta-Fakta Mengenai Selulit

Banyak sekali orang yang mengalami selulit cara menurunkan berat tubuh Apa itu Selulit dan Bagaimana Cara Mengatasi Selulit dengan Bahan Alami?
Selama ini ada anggapan yang keliru mengenai selulit. Biasanya orang beranggapan bahwa selulit hanya dapat dialami oleh perempuan gemuk. Padahal, ada beberapa fakta mengejutkan perihal selulit menyerupai :

  1. Selulit tolong-menolong justru sangat mungkin dialami oleh perempuan yang bertubuh kurus. Kenapa? Karena umumnya selulit disebabkan oleh kelainan struktur lapisan bawah kulit. Namun, perempuan yang gemuk cenderung lebih rentan terhadap selulit lantaran adanya penumpukan lemak di bawah permukaan kulit. Sementara perempuan yang kurus atau berotot, mereka justru kurang mempunyai resiko selulit. 
  2. Proses penuaan pada tubuh perempuan menyebabkan selulit mulai muncul. Umunya proses penebalan lapisan epidermis pada perempuan maksimal terjadi sampai umur 30 tahun. Setelah itu, area dermis yang dihubungkan oleh jaringan akan mengalami pengendoran. Akibatnya, akan lebih banyak sel-sel adiposa yang menonjol ke lapisan kulit atas.
  3. Perubahan hormonal selama masa pubertas perempuan ternyata memilikipengaruh terhadap kemunculan selulit. Pada perempuan muda walaupun mereka gemuk, tappi jarang sekali dijumpai selulit pada tubuh mereka.
  4. Wanita gemuk yang lalu berhasil menurunkan berat badannya secara ekstrim pun masih akan tetap mempunyai selulit. Karena ruang penyimpanan lemak di penggalan bawah apisan kulit tidak akan mengecil walaupun berat tubuh perempuan tersebut berkurang. Oleh lantaran itu, para pakar kesehatan menganjurkan penurunan berat tubuh yang sedikit demi sedikit dan tidak berlebihan. 

Bagaimana Cara Mengatasi Selulit dengan Bahan Alamai?

Berikut ini yaitu cara yang dapat Anda coba lakukan untuk mengatasi selulit memakai bahan-bahan alami.
Banyak sekali orang yang mengalami selulit cara menurunkan berat tubuh Apa itu Selulit dan Bagaimana Cara Mengatasi Selulit dengan Bahan Alami?

Cara Mengatasi Selulit dengan Bahan Alami

Walaupun di luaran sana sudah ada salep yang khusus dapat mengobati selulit, tapi alangkah lebih baiknya Anda mengatasi selulit ini dengan bahan-bahan yang alami. Selain tentunya lebih aman, bahan-bahan alami juga dapat Anda temukan dengan gampang di lingkungan sekitar. Berikut ini ada beberapa materi alami yang dapat dipakai untuk mengatasi selulit menyerupai :

1. Lemon

Lemon memang sudah sangat populer sebagai suatu materi yang dapat mengobati banyak sekali persoalan kulit. Mulai dari jerawat, kulit kusam, sampai distributor pencerah alami. Ternyata lemon selain bermanfaat untuk kecantikan menyerupai di atas, juga dapat dipakai untuk mengatasi selulit.

Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyediakan buah lemon yang kulitnya masih berwarna hijau. Kemudian belah lemon menjadi 2. Oleskan lemon pada penggalan tubuh yang mempunyai selulit menyerupai paha, bokong, atau perut. Tunggu sampai cairan lemon mengering, lalu bersihkan dengan lap yang telah dicelup air hangat. Untuk hasil maksimal, Anda harus melakukannya secara teratur.

2. Minyak Zaitun

Gunakanlah minyak zaitun murni untuk mengatasi selulit. Caranya Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun pada penggalan tubuh yang ada selulitnya. Diamkan sampai meresap lalu bilas dengan air hangat. Minyak zaitun memang mempunyai khasiat yang sangat bagus untuk kulit Anda.

3. Madu Asli

Madu orisinil memang banyak sekali khasiatnya baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Kandungan zat dalam madu dapat mengatasi persoalan menyerupai inflamasi sampai mencerahkan kulit. Madu pun ternyata dapat dipakai untuk mengatasi selulit.

Anda cukup menyiapkan beberapa sendok madu asli. Kemudian oleskan pada bagian-bagian kulit yang ada selulitnya. Diamkan beberapa ketika biar madu meresap di kulit (sekitar 30 menit). Kemudian Anda dapat membilasnya dengan air hangat.

4. Kopi

Buatlah pasta dari gabungan kopi bubuk murni dengan pelengkap air panas. Kemudian oleskan pasta kopi ini ke penggalan kulit yang ada selulitnya. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Olahraga

Olahraga teeratur akan menciptakan timbunan-timbunan lemak di tubuh kita terbakar dan dapat dikeluarkan dari tubuh. Olahraga yang paling cocok untuk mengatasi selulit yaitu jogging. Olahraga lari ii dapat memperabukan lemak dan kalori dengan sangat efektif.

6. Diet Sehat

Selulit dapat disebabkan oleh contoh konsumsi masakan yang tidak sehat. Oleh lantaran itu diet sehat dengan dukungan masakan yang kaya seratdan juga seimbang dapat menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi selulit. Selain dapat menyembuhkan selulit, tentunya diet sehat ini dapat juga memperbaiki kondisi tubuh dari racun-racun yang berasal dari fastfood ataupun junkfood.

Itulah fakta dan beberapa cara untuk mengatasi selulit dengan bahan-bahan alami yang gampang sekali diterapkan. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel